Home » , , , , , » Desain Kemasan Unik untuk Usaha Keripik Buah agar Lebih Menarik

Desain Kemasan Unik untuk Usaha Keripik Buah agar Lebih Menarik

PABRIK KEMASAN - Kemasan menarik adalah salah satu faktor penting dalam mencapai kesuksesan suatu produk dimata pelanggan, memenangkan persaingan pasar. Selain sebagai wadah, kemasan juga memiliki fungsi lain yakni sebagai media promosi dan pemasaran produk. Selain dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan pada saat pendistribusian barang, juga sangat berperan dalam menentukan keputusan konsumen untuk melihat atau bahkan membeli produk tersebut. Kreativitas dalam membuat suatu kemasan sangat berperan penting disini, jangan sampai asal-asalan dalam membuat desain kemasan.

Kemasan Menarik yang Bagus Buat Pengusaha Keripik Buah

Bahan kemasan baik bahan logam, maupun bahan lain seperti bermacam-macam plastik, gelas, kertas dan karton seharusnya mempunyai 6 fungsi utama berikut ini:


1. Menjaga produk bahan pangan tetap bersih dan merupakan pelindung terhadap kotoran dan kontaminasi lain. 

2. Melindungi makanan terhadap kerusakan fisik, perubahan kadar air dan penyinaran (cahaya). 

3. Mempunyai fungsi yang baik, efisiensi dan ekonomis khususnya selama proses penempatan makanan ke dalam wadah kemasan.

4. Mempunyai kemudahan dalam membuka atau menutup dan juga memudahkan dalam tahap penanganan, pengangkutan, dan distribusi.

5. Mempunyai ukuran, bentuk dan bobot yang sesuai dengan norma atau standar yang ada, mudah dibuang dan mudah dibentuk atau dicetak. 

6. Memperlihatkan identifikasi, informasi, dan penampilan yang jelas agar dapat membantu penjualan.


Peran Penting Kemasan Keripik Buah


Khusus untuk produk keripik buah, kemasan harus berperan dalam mempertahankan kerenyahan keripik dalam waktu yang relatif lama. Kemasan keripik buah biasanya dari bahan food grade yang terbuat dari plastik, alumunium foil, atau kombinasi kertas dengan alumunium foil yang tertutup rapat. Jika menggunakan kemasan dengan bahan plastik PE, produk keripik memiliki umur simpan selama 3 bulan. Sedangkan kemasan dengan bahan aluminium foil, produk keripik memiliki umur simpan selama 9 bulan. Selain mempengaruhi lama umur simpan suatu produk, pemilihan bahan kemasan juga akan berdampak pada meningkatnya biaya produksi dan harga jual.

Baca : Aneka Kemasan Kopi Berbagai Ukuran

Setelah memilih bahan kemasan, selanjutnya perlu menentukan bentuk kemasan dan desain label agar terlihat unik dan menarik serta meningkatkan nilai promosi dan branding. Dari segi bisnis, kemasan produk keripik dengan inovasi bentuk dan desain akan meningkatkan keuntungan bagi produsen karena harga jual lebih tinggi dari keripik dengan kemasan berbentuk biasa dalam ukuran yang sama.


Dapat ditarik kesimpulan. Kurang lebih ada tiga alasan utama mengapa desain kemasan penting dalam pemasaran keripik buah atau produk yang lain yaitu:


1. Desain packaging dapat membentuk pola loyalitas konsumen dengan cara mempengaruhi psikologis dan emosional. Contohnya melalui warna, keunikan bentuk kemasan, ilustrasi dan layout.

2. Desain kemasan juga sangat berpengaruh terhadap standar perusahaan dalam penetapan harga sebuah produk diluar produksi.

3. Desain packaging dapat membuat sebuah produk mempunyai identitas yang membuatnya berbeda diantara produk lainnya sejalan dengan persaingan merk dagang yang semakin kompetitif.


Nah itulah beberapa kegunaan kemasan dalam usaha keripik buah agar menarik pelanggan sekaligus media promosi guna meningkatkan penjualan. Semoga dengan adanya informasi ini akan memberikan referensi bagi rekan-rekan pengusaha ataupun yang berencana berbisnis keripik buah menggunakan kemasan unik juga menarik.

Thanks for reading Desain Kemasan Unik untuk Usaha Keripik Buah agar Lebih Menarik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 comments:

Posting Komentar

Info Kemasan